Masa Putih Abu-Abu Itu …

Masa Putih Abu-Abu Itu …

Hei kamu, ya kamu yang sekarang lagi menggunakan seragam putih abu-abu. Pernah nggak sih hari-hari yang kalian lalui terasa membosankan? Selalu disibukkan rutinitas tugas-tugas sekolah  yang setiap hari ada terus dan itu semua sudah mendekati batas waktu untuk pengumpulan. Tidak ada hari yang terlewati tanpa mengerjakan tugas sekolah.

Hah. Rasanya mau berhenti saja dari sekolah. Menikmati liburan ke laut, ke puncak gunung untuk menenanngkan pikiran, atau bahkan tidur seharian penuh untuk beberapa hari. Nah, itulah rata-rata yang dirasakan oleh para remaja khususnya yang sekarang berseragam putih abu-abu.

Apakah semua pelajar merasakan hal yang sama? Kayaknya nggak juga. Ada juga sebagian remaja yang menganggap santuy tugas-tugas sekolah. Mereka tidak merasa terbebani dengan tugas-tugas tersebut. Buktinya masih ada dilihat para remaja tingkat Sekolah Menengah Atas yang masih  bisa duduk-duduk santai sambil main game online atau cuma sekedar nongkrong dengan circle nya membahas segala macam, dari masalah utama sampai ke hal yang nggak penting.  Bagi mereka masalah tugas sekolah gampang, mau salah atau benar yang penting mengumpulkan tugas. Jawaban asal-asalan, dimarahi guru nggak masalah bagi mereka. Yang penting menurut  mereka “apapun masalahmu, tetaplah santuy

Dari ilustrasi di atas, kalian termasuk tim yang mana? Bagi remaja yang berstatus pelajar,  sudah sewajarnya kalian mengerjakan berbagai tugas dari sekolah. Yang namanya pelajar, ya belajar dan mengerjakan tugas-tugas. Dan begitu juga dengan status pelajar yang masih remaja juga memerlukan hubungan pertemanan atau pergaulan. Pergaulan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berasal dari kata gaul yang artinya hidup berteman atau bersahabat. Pergaulan merupakan salah satu cara seseorang untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Hubungan pergaulan ini sangat membantu membangun karekter diri dan suasana hati. Dengan menjalin pertemanan akan menimbulkan rasa kebahagian pada diri. Tentunya dengan adanya hubungan pergaulan ini tidak akan membuat para remaja yang berstatus pelajar melupakan  kewajibannya dengan tugas-tugas sekolah.

“ Kesenangan dalam sebuah pekerjaan membuat kesempurnaan pada hasil yang dicapai” (Aristoteles). Dari kalimat ini tampaklah bahwa ada hubungan antara kebahagiaan, kerja keras dan kesusksesan. Jadi bagi kalian yang sekarang sedang bekerja keras, tekun dalam  belajar, mengerjakan tugas-tugas sekolah yang nggak habis-habisnya, nikmati saja masa-masa SMA nya, dan jangan lupa terus jalin hubungan perteman dengan circle nya. Sesekali makan-makan/ berkumpul dengan teman sebaya tidak ada salahnya untuk menumbuhkan rasa kebahagiaan.

Untuk menumbuhkan rasa kebahagiaan itu bisa juga didapatkan ketika sedang berada di sekolah. Bekerja sama mengerjakan latihan di kelas. Diskusi tentang permasalahan yang sedang dihadapi di kelas, atau bahkan lari-larian di kelas karena buku PR nya diambil teman. Yakinlah kalian bahwa banyak orang di luar sana yang telah melepas seragam putih abu-abunya ingin kembali merasakan suasana yang kalian rasakan sekarang ini. Berkumpul dengan teman-teman yang bau keringat setelah praktek olahraga, merasakan dag dig dug ketika tiba-tiba guru meminta  menjelaskan ulang pelajaran, berdoa semoga guru killer tidak datang karena akan ulangan, lari-larian ke gerbang sekolah karena takut terlambat, mengerjakan PR berjamaah, keringat mengucur dari kepala sampai pinggang saat upacara, atau saat yang membahagiakan menunggu detik-detik bel pulang berbunyi.

Jadi jangan mengeluh lagi ya karena banyak PR, buat yang laki-laki jangan lagi mengeluh karena  nggak bisa punya model rambut yang sedang trend selama sekolah. Lewati saja dengan kesenangan karena jika kita melewatinya dengan perasaan bahagia, maka kita akan memperoleh hasil yang memuaskan . Masa putih abu-abu ini tidak akan bisa diulangi lagi. Ingatlah bahwa hari ini kalian sedang menulis cerita yang kelak akan menjadi kenangan manis kalian untuk diceritakan.

Oleh: Vera Septrianis, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *